Home » , , , » Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma

Liat bunga mekar lalu aku memfotonya dengan kamera hp dan katanya itu bunga Wijaya Kusuma, iseng googling nyari artikel tentang bunga tersebut eh ternyata kata tulisan artikel di blog kembangkeramat.blogspot ada jenisnya yang Keramat juga.
Wijaya Kusuma Keramat atau Pisonia Grandis

Wijayakusuma Keramat
Bunga Wijaya Kusuma atau nama latinnya Pisonia Grandis var Silvestris, tanaman ini kurang dikenal oleh mayarakat luas. Yang paham umumnya ahli botani atau paranormal, bentuknya mirip kol belanda (Pisonia Alba) yang biasa di tanam untuk tanaman hias. Bedanya, daun pucuk kol belanda warnanya kuning cerah, sementara daun pucuk wijayakusuma tetap hijau seperti daun pada umumnya.

Tanaman wijayakusuma bisa tinggi sekitar 3 meter bentuknya mirip bonsai. Menurut ahli K. Heyne, tanaman ini tingginya bisa mencapai 13 meter. Di Indonesia adanya di Kepulauan Seribu, Karimunjawa, pulau Puteran Madura, Bali, Ambon dan di Pulau Karang Bandung dekat pulau Nusakambangan. Di Bali dinamakan dag-dag see, di Ambon dinamakan sayur putih pulu. Yang bisa berbunga (mekar) cuma wijayakusuma Pisonia ini, yaitu yang ada pulau Karang Bandung Nusakambangan, Karimunjawa dan Bali, tapi jarang sekali.

Wijayakusuma punya bunga majemuk, tangkai bunganya merekah keluar. Satu tangkai bisa punya sekitar 10 helai, tiap helai bisa tumbuh sampai 20 kuntum bunga, jadi satu tangkai Wijayakusuma itu bisa ratusan bunga. Diameter bunga sangat kecil, cuma sekitar 2-4 milimeter, kalu sedang mekar , panjangnya 5 sampai 6 milimeter, bentuknya mirip terompet , warna kelopak bunga hijau, mahkota putih, benang sari putih kekuningan.

Bunga Wijayakusuma beraroma harum, mekar pada siang hari, dan bisa bertahan satu hari, setelah itu layu terus kering. Setangkai bunga kalau mekar tidak berbarengan tetapi bertahap, ada yang bisa menjadi biji (antara 1 - 2).

Bunga Sedap Malam

Wijayakusuma Hias
Tanaman ini biasanya ditanam di pot di pojok-pojok rumah. Bahasa latinnya Epiphyllum oxypetalum (Queen of’ Night). Warna bunganya putih, diameter 10 cm, awalnya banyak orang yang menamai midnight flower atau bunga tengah malam atau juga bunga sedap malam. bunga ini mekarnya pasti di waktu malam hari baunya sangatlah wangi atau harum benar-benar, pada waktu terbit matahari pasti bunga ini akan layu. Di masyarakat China populer menamai Keng Hwah yang artinya kembang yang indah dan agung. Mitosnya siapa saja yang beruntung bisa melihat bunga ini bakal lancar rejekinya.

Bunga Wijayakusuma atau Bunga Sedap malam hasil jepretan Hp SE W8

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cumbri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger