Home » , , , » Branjangan Berkicau Sambil Terbang

Branjangan Berkicau Sambil Terbang

Waktu dulu jaman aku masih sekolah di SD masih sangat banyak ku temui burung yang kalau di waktu dia terbang dia berkicau dengan indah dan nyaring, katanya sih itu burung branjangan.

Kalau di tempatku dulu burung ini atau burung branjangan ini hidup di persawahan, membuat sarang dan bertelur sampai dengan mengasuh anak-anaknya di sawah. Setahu aku burung branjangan ini kalau membuat sarang di sela-sela tumbuhan kedelai diwaktu menjelang musim penghujan hampir habis atau datangnya musim kemarau.

Tapi kini di sawah-sawah sekitar tempat aku tinggal tak terlihat lagi burung branjangan yang berkicau riang sambil terbang di langit, Burung branjangan sudah kehilang kebebasannya untuk berkicau di langit di atas hamparan sawah-sawah di waktu ini, sekarang burung branjangan banyak kita jumpai di pasar-pasar burung.

Membahas Burung Branjangan yang populer adalah yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya khususnya Jawa Tengah.  Burung dari kawasan ini memiliki ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Antara lain adalah mental yang baik, body yang besar dan volume suara yang keras dan variasi suara yang beragam, serta corak batik atau warna yang menarik, kemerahan atau kekuningan. Ukuran tubuhnya juga tidak sebesar jenis branjangan dari daerah lain, seukuran 10-12 cm.


Wilayah Jawa Barat yang menjadi maskot bagi penggila branjangan adalah yang berasal dari daerah Sapan. Burung dari daerah Sapan terkenal dengan suaranya yang nyaring melengking dan kristal, jambul juga menjadi ciri khas burung ini. Branjangan dari daerah Sapan jika dilihat dari fisiknya tidak terlalu besar hanya seukuran 12-13 cm. berbeda jika dibandingkan dengan branjangan dari daerah Jawa Tengah yang dapat mencapai ukuran tubuh 12-14 cm. Pola batik burung dari daerah Sapan cenderung berpola lebih gelap dengan corak batik yang berwarna hitam hampir serupa dengan branjangan yang berasal dari daerah NTB dan Sumbawa.


Memilih branjangan: Tidak ada patokan khusus dalam memilih branjangan. Ciri-ciri branjangan yang baik antara lain bentuk fisiknya atletis, ekor dan badan panjang, mata tajam menunjukkan petarung, bulu lembut seperti sutra sedangkan paruhnya bagai burung gelatik tapi agak bengkok sedikit ke bawah.


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cumbri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger