Home » , , , » Ikan Uceng atau Iwak Uceng di Kali Sepring

Ikan Uceng atau Iwak Uceng di Kali Sepring

Menurut Aku ikan sungai atau kali yang paling enak adalah ikan uceng atau iwak uceng dalam bahasa jawanya. Di tempat kelahiran ku di sungai belakang rumah Sungai Kresek di kedung sepring dulu banyak sekali ikan uceng atau iwak uceng ini.

Untuk mendapatkan ikan uceng atau iwak uceng ini dahulu Bapak saya menggunakan alat perangkap yang kami sebut dengan nama Bengkeng. Alat ini terbuat dari anyaman bambu yang di buat sendiri jadi tidak beli, pada waktu sore hari alat perangkap ikan atau bengkeng ini di pasang di aliran air sungai dan pada pagi hari berikutnya baru di ambil lagi, nah di dalam bengkeng ini kita akan mendapati begitu banyak ikan yang terperangkap didalamnya. Itu tadi sekilas tentang bengkeng yang digunakan untuk menangkap ikan.

Untuk ikan uceng sendiri adalah ikan jenis air tawar yang biasanya hidup di sungai yang mengalir, tidak semua sungai terpat ikan jenis ini hanya di sungai yang dangkal dan airnya mengalir. Sedangkan sekarang ini ikan uceng sudah banyak kehilangan tempatnya utuk hidup, Sungai yang dulunya banyak terdapat batu-batu besar maupun kecil sekarang tinggal menjadi padas yang di aliri air. Sedangkan ikan uceng ini senang hidup diantara bebatuan yang terdapat di sungai yang dialiri air.


Saya mencari di Google mengenai pembudidayaan ikan uceng ini tapi sampai sekian lama juga belum ada yang memuat tentang budidaya ikan uceng, entah mengapa apakah memang susah pembudidayaannya atau memang orang tidak mau membudidayakannya. Sedangkan untuk belajar sendiri saya belum mengetahui cara beternak ikan. Padahal ikan uceng adalah ikan air tawar Favorit saya enak banget di makan pakai sambal bawang dan nasi liwet.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cumbri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger