Home » , , » Kayu Jati Alas Ndonoloyo

Kayu Jati Alas Ndonoloyo


Hari minggu gak ada kegiatan apapun jadi bingung mau ngapain ?! pada waktu itu aku masih SMP (tahun 1996) dan akhirnya duduk manis didepan TV nonton acara kesukaanku Dragon Ball. Setelah Dragon Ball selesai tayang aku stater motor bututku Yamaha robot dan keluar rumah entah kemana pokoknya gak bete di rumah, sampai pertigaan deket warungnya mbak ira aku ketemu temenku dan di ajak ke rumah temennya yang ada di Slogohimo tempatnya deket Alas Ndonoloyo. Aku pikir-pikir asik juga main ke Alas Ndonoloyo dari pada gak ada kegiatan sama sekali di rumah kan enak main ke Ndonoloyo, disana di Alas Ndonoloyo kalau hari minggu banyak orang sekedar nongkrong menghabiskan waktu hari libur tapi itu dulu jaman aku masih SMP gak tau kalau sekarang.

Membahas mengenai Alas Ndonoloyo atau Hutan Ndonoloyo itu terletak di Desa Watusomo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri, kalau kita mau ke Alas Ndonoloyo dari Kota Solo kurang lebih sekitar 75 km arah Tenggara Kota Solo, dari Kota Wonogiri ketimur 45 km. Alas Ndonoloyo atau hutan Ndonoloyo ini merupakan hutan sejenis tanamannya kayu jati dan pinus. Di Alas Ndonoloyo atau hutan Ndonoloyo ini terdapat Punden atau Makam, kalau hari Minggu biasanya banyak pemuda pemudi yang main ke situ.


Di sekitar Punden atau Makan tersebut masih banyak berdiri kayu jati yang besar-besar ukurannya yang jarang tebang, hanya ditebang kalau Keraton Solo membutuhkan kayu jati untuk membangun Keratonnya. Ukuran kayu jati yang masih tumbuh berdiri dengan kokoh itu kira-kira ada yang berdiameter 2 meter sudah jarang sekali di temui kayu jati yang masih tumbuh sebesar itu di pulau Jawa.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cumbri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger