Home » , , , » Nyaringnya Baleman (Long Bumbung) Di Waktu Malam

Nyaringnya Baleman (Long Bumbung) Di Waktu Malam

Malam begitu dingin menyusup kekulit sampai ketulang dan aku terbangun dari alam tidur saat terdengar suara Duar duer duor bersahutan di malam pekat, belum ada listrik seperti sekarang ini yang memberikan cahaya hanyalah nyala api dari ublik di ruang tengah di rumah memang hanya satu ublik itu, malam itu bulan Puasa tahun 1989 jam 11 malem suara duar duer duor terdengar lagi dan kuingat itu adalah suara dari baleman mainan dari anak-anak yang selesai Sholat Tarawih.

Baleman adalah sejenis benda yang terbuat dari bambu yang bisa mengeluarkan bunyi Duor, Baleman atau yang umum di sebut Long Bumbung adalah suatu alat permainan anak-anak di waktu malam setelah Sholat Tarawih di Bulan Puasa di Daerah asalku Wonogiri tepatnya Desa Kepyar Kecamatan Purwantoro, tapi permainan itu sudah lama sekali hilang dan mungkin tidak akan di lakukan lagi. Baleman atau Long Bumbung sebenarnya sangat berbahaya bagi anak-anak yang bermain atau yang hanya melihatnya saja karena Baleman atau Long Bumbung cara bermainnya atau membunyikannya menggunakan minyak tanah yang dimasukan kedalam bambu dan di sulut menggunakan api terjadi letusan dan menghasilkan bunyi yang nyaring.

Untuk membuat Baleman atau Long Bumbung kita harus menyiapkan bahan baku berupa Bambu Petung kalau tidah ada bambu petung bisa menggunakan bambu ori. Sedangkan alatnya adalah pahat kecil, palu besi dan besi yang agak panjang atau linggis juga bisa. Membuat baleman atau Long Bumbung kita siapkan bambu petung dengan ukuran panjang kurang lebih 4 meter sampai 5 meter kalau diameternya terserah berapapun semakin diameternya besar semakin kencang suara yang dihasilkan. selanjutnya bambu yang sudah kita potong tadi kita lubangi di bagian paling bawah diatasnya ruas paling bawah dengan ukuran lubang 2 x 2 cm, Kita lubangi juga untuk dalamnya bambu tapi untuk ruas paling bawah di biarkan tetap utuh dan Baleman atau Long Bumbung sudah selesai di buat.


Selain main balon di sorehari anak-anak SD maupun SMP di Desaku jaman tahun 1988 sampai tahun 1997 masih sering memainkan baleman atau long bumbung ini, pada waktu itu masih belum ada Hand Phone apalagi Tablet, jadi untuk mengisi waktu anak-anak SD maupun SMP sering main dengan Baleman atau Long Bumbung ini seletah Sholat Tarawih. Anak-anak beramai-ramai berkumpul di suatu tempat biasanya di tempat salah satu anak untuk bermain baleman ini sampai kantuk menyerang mata merka, biasanya jam 10 malam sudah berhenti dan pulang kerumah masing-masing.


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cumbri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger