Home » , » Hal Yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan Dilakukan Usai Ber-OlahRaga

Hal Yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan Dilakukan Usai Ber-OlahRaga

OlahRaga. Yap, Olahraga. Ane yakin sebagian besar kaskuser disini rutin melakukan Olahraga. Mulai dari yang setiap hari, seminggu sekali, atau yang olahraga untuk hobi, diet, refreshing, kesehatan, dan lain sebagainya. Olahraga memang menyimpan berbagai macam manfaat, sehingga hampir semua orang membutuhkannya.

Namun, beberapa hal yang menurut ane jarang diketahui oleh sebagian besar orang adalah beberapa aktivitas setelah Olahraga yang ternyata juga mempunyai dampak tertentu bagi tubuh, baik itu positif ataupun negatif.

Hal Yang Sebaiknya Dihindari Usai Ber-Olahraga
1. Minum Soft Drink
Jangan terburu-buru mengonsumsi sports drink bila tubuh Anda tidak benar-benar kehilangan elektrolit. Sports drink umumnya mengandung pemanis buatan yang tak baik bagi tubuh. Cukup tenggak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Tidak Langsung Makan
Setelah olahraga berat, tubuh Anda pun telah siap untuk pengisian bahan bakar. Tetapi ingat jangan langsung ambil makanan berat yang berlemak, tetapi bijaksanalah dengan camilan ringan yang sehat. Sedikit protein dan karbohidrat kompleks sudah cukup untuk memulihkan otot-otot Anda.

3. Camilan Di Malam Hari
Pilihlah camilan yang ringan dan sehat di malam hari. Jangan sampai pilihan camilan malam ini merusak pembakaran kalori Anda siang harinya.

4. Kurang Tidur
Tidur bukan hanya berarti istirahat, tetapi juga pemulihan energi untuk olahraga lagi keesokan harinya. Tidur juga menghasilkan hormon pertumbuhan tingkat tinggi yang dipercaya merupakan komponen kunci dari pertumbuhan dan perbaikan otot.

Hal Yang Dianjurkan Usai Ber-Olahraga
1. Melakukan Peregangan
Hal ini membantu otot menjadi hangat dan lebih elastis serta meningkatkan fleksibilitas dan memaksimalkan jangkauan gerak di sekitar sendi. Peregangan dilakukan di semua kelompok otot utama yang terlibat dalam olahraga.

2. Istirahat atau Cooling Down
Tubuh memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mengurus dirinya sendiri jika diberikan beberapa waktu. Beristirahat dan menunggu setelah olahraga memungkinkan proses perbaikan dan pemulihan terjadi.

3. Meditasi
Meditasi memiliki banyak manfaat seperti membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran yang membuat orang menjadi lebih rileks.

4. Mandi
Setelah istirahat beberapa saat, mandilah dengan air hangat selama 3-4 menit lalu kemudian dibilas dengan air dingin selama 1 menit. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk diperluas sedangkan air dingin membuatnya kontraksi atau mengecil kembali. Kondisi ini akan mempercepat aliran darah.

5. Makan Sehat
Seseorang perlu mengisi bahan bakar lagi untuk memulihkan, memperbaiki jaringan sehingga semakin kuat dan siap untuk tantangan berikutnya. Idealnya adalah makan 60 menit setelah olahraga dan mengonsumsi protein berkualitas tinggi serta karbohidrat kompleks.

6. Minum Air Putih
Minum air selama olahraga sama pentingnya dengan menjaga tetap terhidrasi setelah olahraga. Para ahli biasanya menyarankan minum 2-3 gelas dalam waktu 2 jam setelah olahraga kemudian minum secara teratur untukmencegah dehidrasi.

7. Pijat
Pijat bisa membuat dan memperbaiki sirkulasi lebih baik sehingga jadi lebih santai. Pijat yang baik secara teratur adalah hal yang penting, meski kebanyakan dilakuakn sebulan sekali.

Sumber
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cumbri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger